logo-portal
logo-portal

Gubernur Sahbirin Noor Kembali Harumkan Banua 

Ditulis oleh Administrator pada tanggal 2017-06-30, 01:28:15

Banjarbaru - Humpro, Masyarakat Kalimantan Selatan,  patut bersyukur dan berbangga memiliki seorang sosok gubernur,  berdedikasi teguh dan penuh semangat dalam membangun daerah. Beragam prestasi nasional telah dipersembahkan hingga berhasil mengharumkan dan mengangkat citra Banua.     
    Pria bernama lengkap, H Sahbirin Noor ini,  juga  dinilai sebagai kepala daerah yang berhasil menginisiasi upaya peningkatan peran serta masyarakat dalam  membangun daerah melalui pola kerja  turun langsung ke mayarakat.   
    Paman Birin, -- panggilan akrabnya- , red,  juga dikenal sebagai sosok kepala daerah yang bersahabat dan bersemangat. Ini terbukti dalam menjalankan roda pemerintahan, dia   memegang teguh pesan Presiden RI,  Joko Widodo  pada saat pelantikan di Istana Negara 12 Februari 2016, agar pemimpin daerah tidak hanya bekerja di balik meja.
    Melihat track record positif Paman Birin  dalam menyelenggarakan pemerintahan,   sebuah lembaga profesional bernama  Pusat Kajian Keuangan Negara,  mencantumkan nama Gubernur Kalsel  masuk   dalam daftar 21 kepala daerah yang dinilai layak diberikan penghargaan.  
    Kepala daerah lain di Kalsel yang juga  tercantum dalam daftar penerima penghargaan adalah Bupati Tanah Bumbu H Mardani Maming. 
    Melalui surat Pusat Kajian Keuangan Negara  dengan Nomor  015/SP-KN/L/VI/2017,  tertanggal 2 Juni 2017,   ditandatangani Direktur Eksekutif Kajian Keuangan Negara, A Prasetyo, SE, MM,  dikirimkan ke Pemprov Kalsel, nama  Gubernur H Sahbirin Noor dan H Mardani Maming  masuk dalam daftar  kepala daerah  penerima Award Inspirator Pembangunan Daerah 2017.
    Pemberian penghargaan bertepatan dengan momentum 21 tahun pelaksanaan otonomi daerah. Penghargaan diserahkan oleh  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Kamis (15/6).
    Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara A. Prasetyo, SE MM,  mengatakan, ke 21 kepala daerah yang memperoleh penghargaan itu dinilai memiliki inovasi , terobosan dan gagasan sehingga mampu menginspirasi elemen pemerintahan maupun masyarakat dalam membumikan otonomi daerah.
    "Mereka pantas diberikan penghargaan karena mampu mengimplementasikan gagasan dalam kebijakan pembangunan. Hasilnya pun dapat dirasakan secara nyata baik langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat," katanya kepada sejumlah media nasional.
    Dijelaskan Prasetyo, pihaknya juga telah melakukan wawancara mendalam dengan kepala daerah terutama dari wilayah Indonesia Timur sesuai dengan semangat pemerataan pembangunan yang sedang gencar dicanangkan oleh pemerintah.
    Kepala daerah  yang mendapat penghargaan tersebut terdiri dari enam gubernur yaitu, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur NTB, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Gubernur Sulawesi Tengah. Untuk Walikota, ada empat yang mendapat penghargaan yaitu, Walikota Bitung, Mataram dan Walikota Surabaya. 
    Penghargaan juga diberikan kepada 11 bupati, yaitu  Bupati Banggai, Bantaeng, Bupati Buaol, Gianyar, Bupati Kutai Kartanegara, Bupati Lombok Barat, Bupati Lombok Tengah, Bupati Morowali , Bupati Sidoarjo, Bupati Tabanan dan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. *

Semua Berkat Kebersamaan 
    DI KALANGAN masyarakat Kalimantan Selatan, sosok Sahbirin Noor dikenal sebagai seorang pemimpin merakyat. Bahkan masyarakat menyebutnya sebagai gubernur rakyat.  Semangat dan kerja kerasnya dalam membangun daerah, terutama bersatu dengan masyarakat seakan menjadi roh dalam mengemban amanah sebagai gubernur.
    "Hidup ini adalah sebuah perjuangan. Berjuang Gelorakan Rakyat, (Bergerak, red). Karena rakyat adalah pemegang kekuasaan. Tanpa rakyat tidak ada pemimpin  karena pemimpin lahir dari rakyat. Dan rakyatlah memilih pemimpin," kata Gubernur  Kalsel H Sahbirin Noor, saat memberikan motivasi pentingnya masyarakat sebagai aset pembangunan.
    Pun di kalangan  aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Kalsel. Semangat Kalsel Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat, red) mengandung filosofi  semangat untuk selalu bekerja keras memberikan terbaik bagi daerah.
    Bagi Gubernur H Sahbirin Noor beragam prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan prestasi kolektif sebagai buah hasil kerja sama dan kerja keras seluruh komponen masyarakat, baik  ulama, tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa,  sektor swasta, lembaga profesi, TNI/Polri dan sinergitas antarpemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. 
    Diapun berpesan, prestasi yang diraih hanya bagian kecil dari bukti sebuah pengabdian untuk masyarakat. Paling terpenting adalah  implementasi dan keberpihakan untuk masyarakat. * 
 



Berikan Komentar

BERITA TERPOPULER

PENCARIAN

SEPUTAR KALIMANTAN