logo-portal
logo-portal

Kalsel Layak Jadi Rujukan Diklat Nasional

Ditulis oleh Administrator pada tanggal 2017-06-23, 23:07:28

Banjarbaru- Perhatian  besar Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor,   dalam  upaya peningkatan sumber daya aparatur sipil negara (ASN) melalui kebijakan strategis di bidang  kediklatan,   termasuk fasilitas dan prasarana penyelenggaraaan diklat,  mendapat apresiasi Lembaga Administrasi Nasional Republik Indonesia (LAN RI).

            “Perhatian besar  kepala daerah, menjadi pilar utama  dari upaya  meningkatkan kualitas aparatur sipil negara. Dan di Kalsel, saya sangat mengapresiasi keberpihakan  kepala daerah  mendukung program kediklatan bagi aparatur sipil negara,”  papar Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto, Rabu (22/6).

            Melalui kunjungan kerjanya ke Kalsel sekaligus menjadi narasumber utama pada acara    Mini Workshop Diklat Kepemimpinan Tingkat II Tahun 2017, Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalsel, di Banjarbaru, Dr Adi Suryanto memuji kebijakan terukur Pemprov Kalsel di bidang peningkatan SDM Aparatur Sipil Negara.

            Kepala LAN RI  juga mengungkapkan rasa bangganya atas keberadaan gedung dan fasilitas yang dimiliki Kantor BPSDM Kalsel. Bahkan pola pendidikan kediklatan terprogram secara berkelanjutan sesuai kebijakan LAN.

            Menurutnya, keberadaan gedung kediklatan dilengkapi sarana-prasarana yang refresentatif merupakan salah satu tolok ukur kelayakan sebuah daerah untuk bisa melaksanakan diklat lebih strategis,  seperti pelaksanaan Diklatpim II.

            “Dalam setiap kunjungan kerja ke daerah –daerah provinsi lain di Indonesia, saya sering mempromosikan Kalsel sebagai rujukan tempat penyelenggaraan diklat atau studi komparasi kediklatan bagi aparatur sipil negara,” tandasnya.

            Melihat aset bangunan gedung yang refresentatif dan pola penyelenggaraan diklat terencana baik,  Kalsel nantinya bisa mengembangkan BPSDMD menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) di Bidang Kediklatan.

            “Potensi ini sangat besar mengingat wilayah Kalimantan masih memerlukan tempat dan fasilitas kediklatan yang refresentatif,” paparnya.

            Kepala LAN RI juga mengingatkan pentingnya peningkatan kapasitas dan kompetensi  tenaga pengajar atau widiyaswara di sebuah lembaga diklat. Ini merupakan kunci utama dari keberhasilan dalam penyelenggaran diklat.

            Para tenaga pendidik harus memiliki kemampuan dan kreativitas untuk terus meningkatkan mutu pengajaran. Caranya tentu harus berani berinovasi dengan tetap menyesuaikan pedoman penyelenggaraan kediklatan.

            Sementara itu Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor dalam sambutan dibacakan Sekdaprov Drs H Abdul Haris, MSi,  mengucapkan terima kasih kepada LAN RI atas dipercayakannya Kalsel sebagai tempat penyelenggaraan Diklatpim TK II Tahun 2017 yang akan berlangsung mulai 10 Juli 2017.

            “Insya Allah,  Kalsel melalui BPSDM mampu menjadi badan penyelenggara diklat yang lebih baik , sekaligus mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM ASN di daerah,”  tulis gubernur. *  



Berikan Komentar

BERITA TERPOPULER

PENCARIAN

SEPUTAR KALIMANTAN