Gubernur Lepas Distribusi Beras Medium

BANJARBARU– Sebanyak 7 truk penuh beras medium diberangkatkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, untuk menjaga kesediaan pasokan dan stabilisasi harga 2019 ke beberapa pasar di kota dan kabupaten, Kamis (3/1).

Sekitar 70-80 ton beras itu, didistribusikan ke pasar Batulicin hingga Kotabaru. Sedang sisanya diangkut menggunakan mobil pick up untuk didistribusikan di pasar wilayah sekitar Banjarbaru hingga Banjarmasin. Menurut Kepala Divre Bulog Kalsel, Awaludin Iqbal, meskipun harga beras di Kalsel sepanjang 2018 masih tergolong stabil, bahkan tidak termasuk ke dalam 5 komuditi yang menyumbang inflasi, kegiatan tersebut harus tetap terlaksana guna menjaga stabilitas harga dan stok beras. “Jadi ini merupakan bukti, di 2019 ini kita siap untuk menjadi penyokong beras nasional,” ujar Awaludin. Bahkan dengan pendistribusian ini, lanjut Awaludin, dapat dipastikan stabilitas harga dan stok beras di Kalsel di 2019 akan terus terjaga. “Kita memiliki 19.100 ton stok beras Bulog sekarang. Ini bisa kita katakana cukup, karena pada 2018 realisasi operasi pasar atau ketersedian stok beras yang ada kurang lebih sebanyak 7.500 ton, untuk bantuan sosial hingga April, 3.500 ton, dan cadangan dari pemerintah sekitar 1.500 ton,” jelasnya. Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berharap terjaganya stabilitas harga beras di Kalsel dapat mengendalikan inflasi daerah, khususnya dari kelompok harga pangan yang bergejolak.

“Alhamdulillah sepanjang 2018, realisasi inflasi triwulan III di Kalsel tercatat sebesar 2,12 persen lebih rendah dari triwulan II, yakni sebesar 2,74 persen,” imbuh Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu. Jika dibandingkan dengan inflasi nasional, lanjut gubernur, inflasi Kalsel berada di bawah inflasi nasional yang tercatat sebesar 2,88 persen pada triwulan III 2018. Menurut gubernur, kestabilan harga beras di Kalsel dapat dijaga dikarenakan sinergitas yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota. Acara pemberangkatan 7 truk beras ini juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, H Birhasani, Kadis Ketahanan Pangan H Suparno, perkwakilan Kadis Pertanian Kalsel dan anggota Forkompimda Lingkup Pemprov Kalsel. (cnd/bdm)

Leave a Reply