Kalsel Kembali Kirim Bantuan ke Sulteng

BANJARMASIN– Duka Sulawesi Tengah adalah duka Kalsel. Kalimat perekat persaudaraan itu kembali diucapkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan sebelum memberangkatkan kapal pengangkut bantuan masyarakat Banua untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

Pada acara yang digelar di Dermaga PelabuhanTrisakti Badarmasih, Jumat (26/10) pagi, Paman Birin sapaan akrabnya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya kita dapat kembali menyalurkan bantuan dari masyarakat untuk korban gempa dan stunami di Sulteng,” ucapnya

Sebanyak 16 kontainer atau peti kemas yang berisi 146 ton bantuan berupa pakaian, makanan siap saji, air mineral dan obat-obatan dikirim mempergunakan MV. Meratus Ambon, kapal milik PT Meratus Line berlayar menuju Surabaya.

Bantuan yang sebelumnya dikumpulkan masyarakat, diinisiasi Korem 101/ Antasari yang meminta jajaran Kodim di seluruh Kalsel membuka posko bantuan supaya dapat mudah dihimpun.

“Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya kita bisa mengirim bantuan dari masyarakat Kalimantan Selatan. Ini sebagai bentuk kepedulian kita sesama masyarakat untuk mereka yang lagi tertimpa musibah” ujar Danrem 101/Antasari, Kolonel Arm Syaiful Rahman.

Selain mengirimkan bantuan, lanjut darem, Korem 101/Antasari juga mengirimkan beberapa personil ke Sulawesi Tengah untuk mengawal distribusi bantuan, sehingga bisa langsung dipergunakan masyarakat.

Sementara menurut Ardian Zamroni, Kepala Cabang PT Meratus Line Banjarmasin, pengiriman ke Sulawesi Tengah tidak dipungut biaya alias gratis. Hal ini sesuai dengan instruksi manajemen pusat untuk membantu korban.

“Semua pengiriman dengan kapal laut ini gratis. Dimana usai 1 malam mengarungi laut ke Surabaya, bantuan akan dikumpulkan dengan daerah lain dan direncanakan tanggal 1 atau 2 November akan dikirim ke Palu,” jelas Ardian Zamroni. (bdm/rny/foto: hum)

Leave a Reply