Mappanretasi Layak Jadi Even Wisata Nasional

WhatsApp Image 2018-04-30 at 7.27.34 AMTanah Bumbu- Gubernur Kalimantan Selatan , H Sahbirin Noor, mengapresiasi tinggi atas konsistensi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang secara rutin melaksanakan tradisi budaya Mappanreretasi sebagai event tahunan.
Menurut Gubernur, H Sahbirin Noor, melihat besarnya antusias masyarakat atas kegiatan event besar budaya rakyat ini, maka sangat layak mappanreretasi menjadi even wisata nasional di Kalimantan Selatan.
” Untuk mewujudkan tentu perlu kerja keras dan kebersamaan segenap komponen saling bergotong royong lebih mengenalkan dan mempromosikannya ke tingkat nasional,” terang Paman Birin,sapaan akrabnya, di Acara Even Budaya Mappanreretasi, di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (29/4).
Mappenreretasi juga sebagai identitas dari budaya rakyat yang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan, baik lokal, nasional maupun wisatawan  mancanegara.
Begitupun dari sisi potensi ekonomi dalam setiap kali pelaksanaan pesta adat mappanreretasi ini menjadi potensi luar biasa bagi peningkatan ekonomi mikro, terutama bagi masyarakat lokal.
Gubernur menambahkan ,  berdasarkan data Kementerian Pariwisata RI, untuk Kalsel di Tahun 2018  tahun ini hanya
satu even yang masuk dalam 100 wonderful events indonesia, yaitu festival budaya pasar terapung.
Melihat potensi dahsyat sektor kepariwisataan sekarang ini, segenap komponen masyarakat bersama pemerintah  harus bersatu  terus mengembangkan. Karena kita tidak bisa selamanya bergantung pada sektor pertambangan yang selama ini menjadi salah satu penopang  perekonomian  Kalimantan selatan.
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat potensial untuk menjadi sumber pendapatan daerah dan bisa menjadi penggerak perekonomian kerakyatan.
Selain itu, sektor industri, pertanian, perkebunan, perikanan, juga terus kita kembangkan
Potensi yang kita miliki di sektor pariwisata tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.
Kita punya pantai, kita punya pulau-pulau yang indah, kita punya pesona alam pegunungan yang indah, kita punya kekayaan budaya, kita juga punya wisata religi
“Jadi, selain pesta adat mappanreretasi yang layak untuk masuk dalam kalender wisata nasional, event-event lainnya juga layak untuk masuk dalam kalender wisata nasional,” tandasnya.
Festival itu, seperti festival budaya loksado yang di dalamnya ada festival bamboo rafting, wisata petualangan atau adventure, seperti meratus expedition atau adventure trail, serta kiram art festival yang nantinya akan melibatkan tujuh negara
Paman Birin juga mengingatkan, pentingnya promosi  terukur secara terus menerus. Manfaatkanlah kemampuan maupun fasilitas yang kita miliki, manfaatkan media online, media sosial untuk mempromosikan potensi wisata.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, mengemukakan,  mappanreretasi adalah salah satu bentuk budaya kearifan lokal dan simbol kebersamaan. (fah/bdm).

Leave a Reply