Mapala Uniska Gelar Galon Rafting 2018

877-362rgh05med5m4prl4frbe

BANJARMASIN– Kalsel kembali menjadi tuan rumah even nasional. Kali ini Kompetisi Galon Rafting ke-6 Tingkat Nasional 2018. Kegiatan diprakarsai Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Uniska Banjarmasin.

Kompetisi galon rafting ini dikuti beberapa mapala dari perguruan tinggi di Kalsel, juga Kalteng dan Jawa Timur, Selain berlangsung seru, juga menyedot perhatian warga, karena berlangsung secara terbuka di Siring Piere Tendean Sungai Martapura, Sabtu (28/4).

Kompetisi dibuka langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dan dihadiri sejumlah pejabat daerah serta para akademisi .

Gubernur mengaku bangga atas terselenggaranya kompetisi Galon Rafting tingkat Nasional. Kalsel.memang pantas dijadikan tempat kompetisi, mengingat sungai di Banjarmasin cocok untuk segala macam kompetisi air.

Khusus untuk penilai, gubernur mengingatkan harus sportif dan yang paling penting mengutamakan keselamatan.

“Saya himbau kepada dewan juri agar memberikan penilaian yang sportif agar tidak mengecewakan peserta. Sementara kepada peserta, utamakan keselamatan. Jangan sampai ditaklukan Sungai Martapura,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya, setengah bersoloroh.

Kompetisi Galon Rafting ke- 6 ini, merupakan kompetisi balap air menggunakan 6 galon kosong yang dirakit dengan bambu, dengan jarak 300 meter.

Peserta harus berlomba sampai ke garis finish yang dikemudikan 3 orang dalam 1 rangkaian galon rafting. Sebanyak 33 tim galon rafting terdiri dari 99 peserta, berlomba untuk dapat menaklukkan derasnyar Sungai Martapura.

Sebelum membuka kompetisi, gubernur berkesempatan menebarkan benih ikan ke Sungai Martapura.

Hadir dalam acara ini, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Danrem 1001/Antasari, Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, perwakilan Kapolda Kalsel, dan Rektor Uniska Banjarmasin.(dev/foto: ist)

Leave a Reply