Pemimpin Hadir untuk Melayani

BERSAMA RAKYAT- Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat bersilaturahim sekaligus memberikan bantuan sembako kepada  warga di sejumlah desa Kabupaten Batola, Sabtu (20/1) 

-Paman Birin Kembali Turun ke Desa

Barito Kuala, –  Gubernur Kalimantan Selatan termasuk salah satu sosok pemimpin yang gemar blusukan untuk menyerap secara langsung aspirasi rakyat.  Hampir seluruh pelosok  antardesa di Banua telah dikunjungi, meski hanya menggunakan kendaraan  roda dua milik pribadi.

Seperti pada keberangkatan Sabtu (20/1) siang. Usai menghadiri acara siremonial meresmikan Taman Edukasi Banua bersama Ketua Umum TP PKK Pusat, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, gubernur kelahiran 12 November 1967 ini memutuskan untuk kembali turun ke desa.

Wilayah pedesaan yang disambangi Paman Birin, sapaan akrabnya,  adalah sejumlah desa di Kecamatan Anjir Kabupaten Barito Kuala. Misi kegiatan turun ke desa adalah untuk menyerap asipirasi rakyat sekaligus membagikan paket sembako bagi masyarakat kurang mampu.

“Alhamdulillah kegiatan turun ke desa untuk menjemput aspirasi rakyat kembali kita lakukan bersama rombongan. Giliran  desa yang kita kunjungi kali ini adalah sejumlah desa di Kabupaten Barito Kuala,” ucap Paman Birin.

Saat disinggung tentang kegemarannya blusukan ke daerah daerah perbatasan, dia menuturkan pemimpin bukanlah sosok nyang menjadi bos, tapi berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat. Tujuannya, untuk mendengar aspirasi rakyat yang telah memberikan amanah.

Pemimpin juga harus berusaha menularkan semangat kerja serta menjalin erat hubungan pemerintah dengan rakyat. Paman Birin pun melanjutkan pesan  yang disampakain Presiden Joko Widodo usai melantik dirinya sebagai gubernur di Istana Jakarta, 12 Februari 2016.

Pesan Jokowi, seorang pemimpin jangan cuma bekerja di belakang meja saja.”Rajin-rajinlah terjun langsung ke masyarakat untuk mendengar aspirasi mereka,” ucapnya mengingat bisik Presiden saat itu. Pesan ini memacu dirinya untuk melaksanakan pengabdian akan pembangunan dan kemajuan di Banua secara sunguh-sungguh.

“Saya lebih suka turun ke bawah untuk menyelesaikan persoalan. Karena masalah itu ada di lapangan bukan di belakang meja. Dan untuk menyelesaikan kita harus turun langsung,” tegasnya.

Masyarakat  pelosok yang mendapat kesempatan kunjungan Paman Birin mengaku sangat terkesan dengan sosok kesederhanaan gubernur. Mereka terkesan dengan pembawaan Paman Birin ramah serta jauh dari kesan-kesan formalitas.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel Kurnadiansyah SSos, menambahkan, kegiatan gubernur turun ke desa selalu disambut penuh suka cita oleh masyarakat. Bahkan di antara mereka mengharapkan gubernur dan rombongan menginap di desa mereka agar silaturahim bersama orang nomer satu di Kalsel ini bisa berlangsung lebih lama. *