Menwa Berperan Memperkokoh Stabilitas Keamanan

WhatsApp Image 2018-01-19 at 21.53.08

SERTIJAB – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan, Gt Yanuar Noor Rifai, saat menghadiri Serahterima Jabatan Komandan Resimen Mahasiswa UNISKA, Jumat (19/1) pagi.

Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan,  Sahbirin Noor  diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Gt Yanuar Noor Rifai,  mengatakan untuk memperkokoh integritas negara diperlukan persatuan dan kesatuan seluruh komponen masyarakat.

Salah satu elemen penting negara itu adalah lembaga  perguruan tinggi beserta lembaga kemahasiswaan yang mendukung  Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jika ingin lebih dikhususnya lagi adalah Resimen Mahasiswa.

Hal tersebut diutarakan Yanuar Noor Rifai saat membacakan sambutan Gubernur pada acara   Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) Komandan Resimen Mahasiswa Suryanata, Satuan 604/MAAB Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin periode 2017/2018,  Jumat (19/1/2018).

“Saya sangat bangga dan mendukung kegiatan ini. Resimen mahasiswa memiliki peran strategis baik untuk lingkungan sekitar maupun membantu memperkokoh stabilitas keamanan negara ,” paparnya.

Pendidikan militer bela negara di perguruan tinggi harus terus di tingkatkan di mana pendidikan bela negara sebagai salah satu pendukung pemerintah guna memperkuat negara dari ancaman militer maupun ancaman lainnya yang terjadi di tanah air.

Resimen Mahasiswa merupakan kegiatan ekstra kulikuler mahasiswa di bidang olah keprajuritan, kedisiplinan, dan wawasan bela Negara yang diselenggarakan sebagai komponen pertahanan negara dan melaksanakan fungsi perlindungan masyarakat.

Maka dari itu, diperlukan juga peranan khusus dari pimpinan perguruan tinggi serta dukungan dari pihak aparat seperti TNI dan Kepolisian serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus menyokong kegiatan Resimen Mahasiswa.

Ini bertujuan agar dapat terus aktif dan menjadi pendukung pertahanan negara dan perlindungan masyarakat. Terlebih, dewasa ini kita sering dihadapkan pada berbagai persoalan Kebangsaan yang memerlukan perhatian dan peranan dari kita semua dalam menyikapinya.

Kelak persoalan Kebangsaan tersebut tidak semakin membesar dan menimbulkan perpecahan yang dapat menjadi ancaman bagi kedamaian dan persatuan yang telah dibina dengan baik selama ini.

“Organisasi Resimen Mahasiswa UNISKA ini harus tetap merakyat, bersifat rendah hati, serta humanis. Saya tidak ingin nantinya terdengar berita-berita miring mengenai Resimen ini bahkan sampai ada gerakan-gerakan militer yang berlebihan, mereka harus sadar asal mereka dari rakyat untuk rakyat,” tandasnya. *

Leave a Reply