Puisi Kerawang- Bekasi Teteskan Air Mata Gubernur

WhatsApp Image 2018-01-09 at 18.32.29

BACA PUISI – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, saat membacakan Puisi Berjudul Kerawang – Bekasi Karya Chairil Anwar, pada Peringatan HUT ke 61 LVRI Tahun 2018, di Halaman eks Kantor Gubernur Kalsel, Jl Jenderal Sudirman Banjarmasin, Senin (9/2).

Banjarmasin- Bulir bening air mata Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, akhirnya menetes di pipi. Ini karena, ia tak kuasa menahan haru saat membacakan Puisi Kerawang- Bekasi, Karya Chairil Anwar, pada Upacara Peringatan HUT ke 61 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) , Selasa (9/1) pagi.
Acara berlangsung di Kantor eks Gubernur Kalsel Jl Jenderal Sudirman Banjarmasin itu sempat hening. Para undangan yang terdiri dari keluarga besar veteran daerah, pejabat kepolisian dan TNI, tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa dan peserta upacara turut vlarut dalam suasana haru.
Pria yang lebih akrab disapa Paman Birin ini saat membacakan puisi penuh dengan penghayatan. Bait per bait dibacakan dengan intonasi perjuangan dan penuh perasaan.
Bagi Paman Birin, jasa para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan akan terus dikenang sepanjang hayat. Sebab menurutnya, berkat perjuangan dan pengorbanan pahlawan itulah negeri tercinta ini bisa lepas dari rongrongan penjajah.
“Karena itulah saat membacakan Puisi Karawang- Bekasi, Karya Chairil Anwar tadi, saya sempat meneteskan air mata. Ini karena terlalu menghayati bait per bait yang memang sarat dengan pesan perjuangan,” tuturnya kepada wartawan, usai mejadi Inspektur Upacara HUT ke 61 LVRI .
Saat membacakan Puisi, Paman Birin mengenakan baju perjuangan Legiun Veteran Berwarna Cokelat dipadu topi berwarna kuning dengan mimik wajah penuh penghayatan dan gerakan tubuh layaknya pembaca puisi profesional.
Menurut Gubernur Kalsel Puisi Karawang dan Bekasi karangan Chairil Anwar tersebut menceritakan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negara ini dari penjajahan. Puisi juga menginspirasi agar semangat para pahlawan dalam mengusir penjajah harus tetap bergelora di sanubari rakyat Indonesia.
Saat diminta tanggapan terkait HUT LVRI, Paman Birin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu mencintai dan mengenang jasa para pahlawan, termasuk mendukung keberadaan organisasi LVRI di daerah.
“Pemprov akan terus mendukung Visi dan Misi LVRI. Para veteran adalah bagian dari sejarah yang turut berjasa memerdekakan bangsa ini. Sebagai , bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawan,” tandasnya.
Ketua LVRI Kalsel H Muslih Soediyono mengucapkan berterima kasih atas perhatian Gubernur Paman Birin dan Jajaran. “Kami keluarga besar LVRI Kalsel sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian gubernur dan jajaran terhadap keberadaan LVRI melalui dukungan nyata,” tandasnya.
Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, SSos, menambahkan, Gubernur Kalsel menaruh perhatian besar terhadap kegiatan-kegiatan bernilai edukasi sejarah. Salah satunya adalah dukungan terhadap keberadaan organisasi LVRI, termasuk penayangan Film Pangeran Antasari. *

Leave a Reply