Naik Kelotok Sapa Masyarakat Sungai Batang

MENYUSURI SUNGAI- Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dengan menggunakan perahu kelotok menyusuri Sungai Martapura untuk menghadiri Salamatan Padang, di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (3/1/) pagi.

Banjar-Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, terus melakukan kunjungan ke permukiman masyarakat pelosok pedesaan. Setiap undangan masyarakat yang menggelar acara syukuran panen padi atau perkebunan selalu diupayakan hadir, meski harus berbagi waktu dengan kegiatan rutin mengendalikan roda pemerintahan daerah.
Di tengah ketatnya menuntaskan agenda kerja harian, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyempatkan diri untuk hadir di acara Selamatan Padang atau Sawah, Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Rabu (3/1).
Orang nomor satu di Banua ini hadir pada Pukul 10.30 Wita dengan menggunakan kelotok menuju Balai Rakyat di Desa Sungai Batang. Saat melintasi Sungai Martapura, Paman Birin, sapaan akrabnya melambaikan tangan dan mengucapkan salam kepada masyarakat di pinggiran sungai.
Pada momen SWyukuran Padang, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengharapkan warga tetap mensyukuri apa yang telah di dapat. Pasalnya, warga yang pandai bersyukur akan terus ditambah nikmat oleh Allah SWT.
“Hasil panen padi di desa ini cukup memuaskan, walaupun hasilnya lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin,” sebutnya.
Gubernur mengungkapkan, Kabupaten Banjar merupakan salah satu lumbung pangan di Kalsel. Untuk itu dia berusaha dan mendorong petani setempat agar hasil panennya selalu meningkat.
Dia berharap apa yang sudah dipanen petani di kawasan tersebut dapat menunjang Kabupaten Banjar secara khusus menuju kedaulatan pangan.
Kehadiran gubernur, di acara selamatan padang ini sekaligus meresmikan Balai Rakyat Desa Sungai Batang yang diberikan nama Balai Rakyat Paman Birin yang berada di tengah- tengah sawah.
Sementara itu, H Saidi Mansyur Wakil Bupati Banjar berharap kedatangan orang Nomor satu di Kalimantan selatan kali ini, dapat mempererat silaturahmi antar warga dengan pemerintah, serta menjadi satu motivasi dan memberikan arahan di bidang pertanian di Kabupaten Banjar.
Kepala Desa Sungai Batang, Muhammad Aspi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Selatan yang telah berkenan hadir.
“Saya mengucapkan selamat datang di Sungai Batang dan ini adalah ke empat kalinya Paman Birin hadir di acara selamat padang ini,” ucapnya.
Disampaikanya, tempat pelaksanaan kegiatan ini cukup unik karena berada di tengah padang (persawahan) dengan rangkaian acara lantunan ayat suci Al Qur’an dan pembacaan Maulid Habsyi. *

Leave a Reply