Paman Birin Harumkan Kalimantan-Raih Anugerah Kepala Peduli Lingkungan

WhatsApp Image 2017-12-09 at 18.45.59

TANAM POHON- Presiden RI Joko Widodo bercengkerama ramah dengan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di sela kegiatan penanaman pohon di lereng bukit Desa Karengasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DI Yogyakarta, sabtu (9/12/2017).

WhatsApp Image 2017-12-09 at 18.45.56

PAHLAWAN LINGKUNGAN- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Hj Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor dan kepala daerah lain serta komunitas pahlawan lingkungan, Sabtu (9/12/2017).

Yogyakarta-Masyarakat Kalimantan Selatan, patut bersyukur dan berbangga memiliki sosok kepala derah yang terus memberikan keteladanan  nyata dalam melestarikan lingkungan.
Melalui Gerakan Revolusi Hijau yang terus digelorakan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau yang lebih akrab disapa Paman Birin, pemerintah memberikan anugerah penghargaan sebagai kepala daerah peduli lingkungan.
Bertempat di Desa Karangasem,  Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017), bertepatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indoensia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017, dihadiri Presiden RI H Joko Widodo, nama Gubernur Kalsel itu tercatat satu-satunya nama kepala daerah tingkat provinsi di Pulau Kalimantan yang mendapatkan penghargaan.
Prestasi kepala daerah kelahiran 12 November 1967 ini tidak hanya mengangkat dan mengharumkan nama daerah yang dipimpinnya tetapi juga provinsi di Pulau Kalimantan.
Berdasarkan Laporan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Hj Siti Nurbaya, untuk tingkat provinsi tercatat tiga nama gubernur, yaitu, Drs H Longky Djanggola, Gubernur Sulawesi Tengah, H Sahbirin Noor,  Gubernur Kalimantan Selatan dan Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi.
Dijelaskan,  Menteri LHK Siti Nurbaya, kepala daerah yang mendapatkan penghargaan baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota adalah mereka yang selama ini memberikan keteladanan nyata dalam mendorong bagi upaya kelestarian lingkungan.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di sela aksi bersama melakukan penanaman pohon dengan Presiden Joko Widodo di perbukitan Desa Kareng asem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul mengungkapkan terima kasih dan syukur atas kepercayaan pemerintah memberikan penghargaan.
“Penghargaan ini adalah miliki masyarakat Kalimantan Selatan dan seluruh stakholder terkait dalam upaya bersama melestarikan lingkungan, terutama mencegah dan merehabilitasi lahan kritis,” tandasnya.
Diharapkan dengan diraihnya penghargaan di bidang lingkungan ini semakin memperkokoh kerja keras bersama  melestarikan lingkungan.
Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kehutanan dan SKPD terkait bersama masyarakat terus melakukan sosialisasi upaya peningkatkan kesadaran lingkungan.
Paman Birin juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh komponen masyarakat atas kerja bersama melestarikan lingkungan.
“Mari kita terus menanam-menanam dan menanam serta memeliharanya untuk anak cucu kita. Bersama pula kita wariskan mata air untuk kelestarian alam dan jangan kita mewariskan air mata untuk generasi anak cucu kita,” ucapnya.
Senada dengan Paman Birin, Kadishut Kalsel, Dr H Hanif Faisal Nurofiq mengungkapan terima kasih dan bersyukurnya atas dukungan luar biasa masyarakat terhadap gerakan revolusi hijau.
Menurutnya, revolusi hijau adalah inisiasi Paman Birin yang bertujuan untuk megubah perilaku masyarakat secara cepat dan tepat untuk peduli meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui kegiatan penanaman pohon.
Program ini, terang alumni S3 Universitas Brawijaya Malang ini menggunakan pendekatan secara menyeluruh yang melibatkan seluruh stakeholder untuk peningkatkan daya dukung DAS dan kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada kepala daerah dan komunitas masyarakat atas upaya nyata menyelamatkan lingkungan.
Presiden berharap prestasi yang diraih tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar kualitas pengelolaan lingkungan semakin baik.
Dalam sambutannya presiden juga mengkritisi atas program program penanaman pohon harus ditindaklanjuti dengan pemeliharaan nyata.
“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada kepala daerah dan elemen masyarakat yang berperan aktif menjaga lingkungan. Semoga penghargaan yang telah dipercayakan pemerintah semakin memberikan semangat kuat untuk terus melahirkan karya-karya nyata bagi pelestarian lingkungan,” harap Jokowi. (humpro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *