Citra Kalsel di Tingkat Nasional Semakin Terangkat- Menjadi Daerah Rujukan Kegiatan Nasional

DIKLATPIM II – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersama Kepala LAN RI Adi Suryanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Diklatpim II, Angkatan XLIII Tahun 2017, di Gedung Dr Idham Chalid, Perkantoran Pemprov Kalsel, di Banjarbaru, Kamis (2/11/2017).

Banjarmasin- Starategi kepemimpinan Gubernur H Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan, gigih melakukan promosi daerah dengan cara merangkul semua elemen masyarakat, baik di tingkat daerah maupun pusat memberikan dampak positif bagi peningkatan citra daerah.
Daerah memiliki luas 37.530, 52 kilometer persegi, terdiri dari 13 kabupaten/kota itu, kini menjadi salah satu daerah rujukan utama tempat peyelenggaraan kegiatan berskala nasional yang digelar lembaga kementeriaan dan asosiasi- asosiasi lembaga keprofesian pusat.
Tercatat sepanjang tahun 2016 dan 2017 telah banyak kegiatan nasional yang dilaksanakan di Kalsel. Bahkan Presiden Joko Widodo telah beberapa kali melakukan kunjungan kerja di Kalsel, antara lain menghadiri aksi bersama pencegahan kebakaran hutan dan lahan, menyaksikan event Mappanretasi di Tanah Bumbu dan membuka secara resmi Festival Anak Saleh (FASI) ke X Tahun 2017, Jumat 15 September 2017, di Kota Banjarmasin.
Demikian pula kunjungan Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo antara lain, melakukan sosialisasi pencegahan dini kanker serviks bagi kaum perempuan di Kota Banjarbaru dan mendampingi Presiden menyaksikan event budaya Mappanretasi di Tanbu.
Sedang untuk kegiatan di tingkat kementerian tercatat antara lain, aksi bersama menanam pohon dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan, Kegiatan Kementerian Sosial, Kegiatan Menteri Pemuda dan Olahraga serta beberapa event nasionalnya.
Berdasarkan data pada Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, sepanjang tahun 2017, tercatat sejumlah kegiatan strategis berskala nasional di gelar di Kalsel, di antaranya, Konferensi Nasional Kesejahteraan Sosial (KNKS) ke IX berlangsung 18-20 September 2017 di Banjarmasin. Gowes Pesona Nusantara dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke IV serta Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) 2017. Tuan rumah Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Hotel Gulden Tulip Galaxy dari tanggal 11-14 September 2017 dan Musyawarah Nasional Khusus dan Rakernas ORARI 2017 serta Kongres Sungai Indonesia III berlangsung 1- 4 November 2017 di Kota Banjarmasin.
Di bidang pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN), Kalimantan Selatan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, dipercaya menjadi tempat rujukan penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklatpim) II tahun 2017.
“Kami akan terus berusaha menjadikan Kalimantan Selatan sebagai salah satu daerah rujukan kegiatan nasional baik yang dilaksanakan lembaga kementeriaan maupun asosiasi keprofesian di Indonesia,” ucap Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor akhir pekan tadi.
Menurut pria yang lebih akrab disapa Paman Birin ini, untuk menjadikan Kalsel sebagai rujukan tempat kegiatan nasional maupun internasional perlu kerja keras semua komponen masyarakat. Tanpa kerja sama dan dukungan masyarakat sekuat apapun tekad dan upaya kita pasti tidak akan terwujud sesuai harapan.
Sinergitas seluruh komponen masyarakat, baik itu unsur pemerintahan, swasta, organisasi kemasyarakatan dan lembaga profesi di daerah akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan. Salah satunya menjadikan daerah ini sebagai tempat kegiatan berskala nasional maupun internasional.
Paman Birin berharap keinginan besarnya untuk mengambil event nasional seperti pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024 maupun Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2020 bisa terwujud melalui sinergitas.
Sementara itu Presiden RI, Joko Widodo pada saat membuka secara resmi FASI ke X, Jumat, 15 September 2017, mengungkapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan besar pemerintah daerah dan masyarakat Kalimantan Selatan terhadap kegiatan-kegiatan pusat di daerah, termasuk menyukseskan kegiatan FASI di Kota Banjarmasin. (humpro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *