Gerakan Pramuka Media Lahirkan Generasi Tanggu

IMG-20171016-WA0036

Banjarbaru- Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, melantik dan mengukuhkan Pengurus Saka Widya Budaya Bakti Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2017-2022, di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masayarakat Kalsel, Senin (16/10/2017) pagi.

Pengurus yang dilantik diharapkan mampu membuat program-program kreatif bagi pembinaan generasi muda, khususnya memajukan organisasi pramuka di daerah.
Ketua Majelis Pertimbangan Kwarda Pramuka Kalsel ini berharap pelantikan ini tidak hanya sekadar formalitas biasa, tetapi harus dimaknai sebagai panggilan nurani untuk membina generasi muda yang tangguh terhadap tantangan global.
Artinya gerakan pramuka adalah sebuah organisasi yang memiliki tugas mulia untuk mempersiapkan atau melahirkan generasi tangguh masa depan meraih prestasi gemilang untuk kepentingan bangsa dan negara.
Satuan Karya Gerakan Kepramukaan (SAKA) adalah wadah pendidikan gerakan kepramukaan untuk mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para anggota pramuka dalam berbagai bidang kejuruan, serta meningkatkan motivasi untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif.
“Saka widya budaya bakti sebagai salah satu satuan kerja gerakan pramuka merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pendidikan dan kebudayaan,” jelasnya.
Pria yang akrab disapa Paman Birin ini juga mengatakan keberadaan organisasi ini juga berperan sebagai media edukasi bagi pendidikan anak usia dini, non formal, seni dan film tradisi sejarah, nilai budaya cagar budaya dan kegiatan-kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat.
Pada bagian lain sambutannya, Paman Birin mengingatkan agar semua organisasi kemasyarakatan, sosial dan kepemudaan termasuk gerakan kepramukaan untuk lebih kreatif dan inovatif menyusun program kerja.
Pasalnya, di era digital saat ini, di mana kemajuan teknologi dan informasi sekarang menuntut kita harus menyesuaikan setiap perkembangan kemajuan arus globalisasi tersebut. (humpro)

Leave a Reply